Kamis, 04 April 2013

Just In Time (Cukup Waktu)


Banyak hal yang mahal di dunia ini, seperti mobil Ferrari, atau Jam Patek Philippe atau juga Rumah di kawasan Menteng, namun diatas semua itu masih ada 1 hal lagi yang termahal. Apakah hal itu ? Adalah WAKTU.

Kenapa begitu .... ? karena karena waktu tidak bisa kembali, waktu terjadi dan terus berlari .... ”saat ini” tidak pernah sama. Di saat kita berkata ”Saat ini”, seketika itu juga menjadi saat yang lampau. Dan waktu kita terbatas, jika waktu kita di dunia ini habis, maka tidak bisa isi ulang waktu kita, atau beli tambahan.



<Mazmur 90 : 12> Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.

<Mazmur  90 : 10> Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, dan kebanggaannya adalah kesukaran dan penderitaan; sebab berlalunya buru-buru, dan kami melayang lenyap.

Jika kita hitung sesuai firman yaitu 70 tahun berarti kita punya 840 bulan, atau 25.200 hari, atau 1.512.000 jam atau 90.720.000 menit, atau 5,443,200,000 detik.

Dan ingat bahwa dalam seluruh waktu hidup kita, Tuhan senantiasa menyertai kita

<Matius 28 : 20b> .... Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Dan kasih setia dan rahmatnya selalu baru setiap hari

<Ratapan 3 : 22 – 23> Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!


Karena segala kebaikkan Tuhan sampai dengan saat ini, Saya selalu termenung disaat pekan suci. Disaat pekan suci kita lebih banyak ke Gereja ketimbang bulan biasa, secara total 8x seharusnya, 5x di pekan suci (mulai Mingu Palem, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci dan Minggu Paskah). Juga karena disaat pekan suci, saya teringat bahwa 1 tahun lagi sudah dianugrahkan Tuhan kepada saya, dianugrahkan dengan pengorbanan yang sangat mahal dari Tuhan Yesus Kristus.
Seharusnya saya yang disalib karena dosa, tetapi Tuhan Yesus yang naik ke atas Salib menggantikan saya.

Namun dalam 1 tahun yang baru lewat, apa yang sudah saya lakukan bagi kemuliaan Tuhan ?
atau dosa-dosa apa yang telah saya buat dan di mintakan sakramen Tobat ?
Apakah saya dalam 1 tahun kemarin, mengalami pertumbuhan Iman atau malah kondisi rohani saya menurun ?
Adakah jiwa yang saya bawa kepada keselamatan dalam Tuhan Yesus Kristus ?
Apakah saya menggunakan berkat dari Tuhan, sesuai rencana-Nya ? Taatkah saya dalam persepuluhan ? ataukah saya berfoya-foya seperti Si anak bungsu, menghabiskan harta warisan ayahnya ?

Banyak pertanyaan dan permenungan yang saya alami, setiap kali masa pekan suci.
Sering saya merasa malu dengan diri sendiri, apalagi malu dengan Tuhan, karena kondisi rohani saya malah menurun dibandingkan tahun silam.

Tahun ini saya malah berhasil mencari alasan untuk tidak pergi Misa Kamis Putih dan Jumat agung, yaitu dengan alasan tidak pergi karena anak saya sedang flu sehingga tidak bisa berlama-lama di luar.
Saya jadi bertanya-tanya apakah kondisi rohani saya lebih dewasa atau lebih beriman dibanding saat saya pertama kali bertobat dan datang kepada Kristus ?

Saya teringat dengan Firman Tuhan yang me-wanti-wanti kita untuk bijak menggunakan waktu

<I Petrus  4 : 2 - 3> supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah.  Sebab telah cukup banyak waktu kamu pergunakan untuk melakukan kehendak orang-orang yang tidak mengenal Allah. Kamu telah hidup dalam rupa-rupa hawa nafsu, keinginan, kemabukan, pesta pora, perjamuan minum dan penyembahan berhala yang terlarang.

<Efesus  5 : 16> dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.

<Markus  13 : 33> "Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba.

<Kolose  4 : 5b> ....pergunakanlah waktu yang ada.

Mari kita berhenti sebentar dan berfikir tentang waktu yang Tuhan masih anugrahkan kepada kita.

Umur saya akan 32 tahun pada tahun ini, berati saya sudah menerima kasih karuni dan anugrah Tuhan selama :

Tahun
bulan
hari
jam
menit
detik
32
384
11,520
691,200
41,472,000
2,488,320,000

Dan jika Tuhan berkenan menganugrahkan saya umur sampai 70 tahun maka saya masih punya waktu sebanyak :

Tahun
bulan
hari
jam
menit
detik
38
456
13,680
820,800
49,248,000
2,954,880,000

Hampir setengah dari waktu yang Tuhan anugrahkan, sudah saya jalani.
Untuk waktu berikutnya, yang pasti satu hal yang harus saya lakukan, yaitu sesuai firman berikut ini

<Matius  4 : 17> Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!"

Sebab jika kita tidak bertobat, meninggalkan dosa dan kebiasaan jelek, maka kita sedang menimbun murka Tuhan atas diri kita

<Roma  2 : 5> Tetapi oleh kekerasan hatimu yang tidak mau bertobat, engkau menimbun murka atas dirimu sendiri pada hari waktu mana murka dan hukuman Allah yang adil akan dinyatakan.


Sebab waktu sekarang adalah kesempatan kita untuk beroleh selamat, bertumbuh rohani dan belajar memilliki karakter Kristus.

<II Petrus 3 : 15> Anggaplah kesabaran Tuhan kita sebagai kesempatan bagimu untuk beroleh selamat, seperti juga Paulus, saudara kita yang kekasih, telah menulis kepadamu menurut hikmat yang dikaruniakan kepadanya.

Kesempatan kita juga untuk berbuat bagi jiwa-jiwa dan ikut berkarya dalam rencana Tuhan dan menjadi saksi Kristus selama kita masih punya waktu.

Ingat kita sudah di akhir dari Akhir Jaman, Tuhan Yesus akan segera datang
Bijaklah kita bersiap-siap

<Ibrani  10 : 37> "Sebab sedikit, bahkan sangat sedikit waktu lagi, dan Ia yang akan datang, sudah akan ada, tanpa menangguhkan kedatangan-Nya.

Tapi ingat bahwa kita adalah orang yang yang benar yang hidup oleh IMAN kepada Kristus. Kita akan berjuang dan berkaya dan hidup untuk Kristus

<Ibrani  10 : 38 – 39>
Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman, dan apabila ia mengundurkan diri, maka Aku tidak berkenan kepadanya." Tetapi kita bukanlah orang-orang yang mengundurkan diri dan binasa, tetapi orang-orang yang percaya dan yang beroleh hidup.

Bagian kristus sudah selesai diatas kayu salib.
Sekarang adalah bagian kita untuk percaya dan berkarya........

Selamat Paskah 2013.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar